Aktivitas Warga yang sedang mengusir unggas/ burung dan pemupukan padi kampung mudiak aia_kawasan mandeh

aktivitas ini dilakukan oleh semua kalangan petani agar terhindar dari burung

Burung Pipit  
Banyak sekali jenis burung pipit dan yang paling dikenal tentunya burung pipit yang banyak ditemukan disawah-sawah yang menjelang panen. Inilah burung pipit peking.

Burung ini sering ditemui di daerah persawahan terutama pada saat panen padi. Burung ini hidup secara berkelompok tetapi pada saat musim kawin tiba burung ini akan bersama pasangannya dan membuat sarang dan menetasakan telurnya yang umumnya berjumlah 4-6 butir tiap sarang. Sarang burung ini gampang ditemui di lingkungan kita, bentuknya lingkaran dengan satu lubang keluar masuk.

Burung Pipit Dada Putih 
Burung biasa ditemui di daerah sawah untuk makan dan bila tidak sedang makan burung ini lebih banyak menghabiskan waktunya bertengger di tempat yang teduh seperti aliran air. Burung inin biasa bersarang di pohon yang rimbun seperti cemara, mangga yang habis ditebang dan tumbuh dahan baru. Burung ini memiliki keunikan yaitu sarangnya bagian luarnya terdiri dari rumput kering atau sampah kering sedangkan bagi dalamnya di susun dengan ijuk. Burung ini bertelur 3-5 butir tiap sarang.

Burung Pipit Bondol
Burung ini memiliki ciri khas yaitu bulu kepal putih sehingga membuatnya terluaht sangat cantik. Burung ini biasa ditemui di sawah, dan ladang. Burung ini biasa bertelur 3-4 butir tiap sarang. Bentuk sarang burung ini sama denagn burung pipit peking. Burung ini di daerah -darah tertentu mengalami penurunan populasi karena kerusakan habitat. Burung jantan pada saat tertentu mengeluarkan suara seperti burung yang sedang ngeriwik dengan volume rendah.

Burung Parkit 
Jika anda penggemar burung hias warna-warni dan senang memeliharanya sebagai pajangan dirumah dan disekitar pekarangan maka burung parkit layak menjadi pilihan utama. Perpaduan warna bulunya yang serasi dan indah menjadikan pemandangan disekitar rumah anda menjadi lebih indah dan asri dan jika diamati ternyata burung ini juga lucu dan menggemaskan.

 

 

sungai nyalo mudiak aia,  minggu 24 desember 2017  warga sungai nyalo mudiak aia, aktivitas pemupukan padi yang dilakukan oleh seorang warga di mudiak aia.. hal ini di untuk menjauhkan padi dari serangan hama yang merusak.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan